BERITA & INFORMASI Kemenag Lima Puluh Kota

SAPA LIMA PULUH KOTA

Transformasi digital menuju pelayanan publik yang lebih baik
whatsapp-chat
SAPA LIMA PULUH KOTA adalah Sistem Administrasi Pelayanan Agama Kabupaten Lima Puluh Kota merupakan Aplikasi berbasis android, ios dan windows yang dikembangkan oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lima Puluh Kota untuk Layanan publik berbasis digital. Secara umum, layanan yang dikelola oleh aplikasi SAPA LIMA PULUH KOTA diantaranya seperti layanan kesekretariatan, penyelanggaraan haji dan umrah, pendidikan agama, pendidkan madrasah, pondok pesantren, penyelenggaraan zakat wakaf dan bimbingan masyarakat islam.
whatsapp-chat Klik LAPOR untuk
melaporkan masalah,
isu dan keluhan
Pelayanan Publik
whatsapp-chat cari layanan kami di sippn.menpan.go.id
Sistem Informasi Pelayanan Publik Nasional
(SIPPN) Kementerian PAN-RB RI
gambar

Bacakan Arahan Dirjen PHU, Kakankemenag 50 Kota Buka Tes Rekrutmen Calon Petugas Haji Tahun 2023

Berita

Bacakan Arahan Dirjen PHU, Kakankemenag 50 Kota Buka Tes Rekrutmen Calon Petugas Haji Tahun 2023

Lima Puluh Kota, Humas -- Diikuti oleh 46 orang peserta, pelaksanaan Tes Rekrutmen Calon PPIH Arab Saudi dan PPIH Kloter Tahun 2023 di Kementerian Agama Kabupaten Lima Puluh Kota, Rabu (25/1) dibuka oleh kepala kantor, H. Irwan.

Dalam sambutannya, kepala kantor membacakan Arahan Direktur Jenderal Penyelenggara Haji dan Umrah Kementerian Agama RI. Dalam arahan tersebut Dirjen PHU menegaskan bahwa seluruh peserta seleksi mendapat kesempatan yang sama untuk menjadi petugas haji. Di samping itu Dirjen PHU menyebut, kesempatan yang sama ini harus dimafaatkan semaksimal mungkin oleh peserta dengan melakukan persaingan yang sehat.

Selanjutnya dalam arahan tersebut juga disebutkan bahwa seluruh pihak yang terkait dalam pelaksanaan rekrutmen petugas haji harus menjunjung tinggi nilai sportifitas, fair, dan berlaku profesional. Dirjen PHU menyatakan, bahwa bagi peserta yang belum lulus tahun ini agar ikhlas menerima keadaan dan tidak berkecil hati, karena kesempatan untuk menjadi petugas haji akan terbuka pada tahun-tahun berikutnya.

Pada pembukaan tes yang dilaksanakan secara Computer Assisted Test (CAT) tersebut hadir pejabat di Lingkungan Kemenag, JFT, dan JFU. 46 orang peserta berasal dari ASN dan Non ASN. Dalam sambutannya kepala kantor menambahkan bahwa kesemptan mengikuti tes ini adalah momen menjemput takdir, maka maksimalkan perjuangan, dan tunggu kejutan dari Allah.

Kepala Seksi PHU, sekaligus Ketua Panitia, H. Zakaria, dalam laporannya menyatakan, dari 46 peserta yang ikut seleksi semuanya telah melalui prosedur, mulai dari pendaftaran, seleksi bahan, hingga dinyatakan lulus seleksi administrasi. Dari 46 orang peserta yang lulus administrasi, satu orang dinyatakan tidak bisa mengiktui ujian karena sakit.

“Pemerintah melalui Kementerian Agama sengaja membuka peluang bagi petugas haji adalah dalam rangka memiliki petugas haji yang mempunyai kompetensi dan integritas yang baik untuk memberikan pelayanan kepada jamaah haji baik di tanah air maupun di arab saudi nanti,” papar Zakaria.

Selanjutnya Zakaria menjelaskan, jika nanti peserta lulus pada tes tahap I ini, akan ada tes tahap II yang akan dilaksanakan di Kanwil Kemenag Provinsi Sumatra Barat berupa tes CAT dan wawancara. Dalam tes tahap I ini peserta diberi durasi waktu 90 menit untuk menjawab 100 pertanyaan. 100 soal tersebut berdasarkan formasi petugas haji yang diambil. Jadi masing-masing peserta tidak sama soalnya.

Zakaria berharap, dari tes ini dan tes selanjutkan akan ada pegawai Kemenag Kabupaten Lima Puluh Kota yang lulus sebagai petugas haji tahun 2023. pada kesempatan itu, hadir Tim Monitoring dan Evaluasi Tes Rekrutmen Calon Petugas Haji dari Kanwil Kemenag Provinsi Sumbar, Hj. Elvira Hayu dan Ade Silvi. (Nina)

Dipublikasikan oleh : Harnina
Tanggal : 27-01-2023
Sudah dibaca : 202 kali

Berita lainnya

Apa kata mereka tentang Kemenag Lima Puluh Kota

Testimoni