BERITA & INFORMASI Kemenag Lima Puluh Kota

SAPA LIMA PULUH KOTA

Transformasi digital menuju pelayanan publik yang lebih baik
whatsapp-chat
SAPA LIMA PULUH KOTA adalah Sistem Administrasi Pelayanan Agama Kabupaten Lima Puluh Kota merupakan Aplikasi berbasis android, ios dan windows yang dikembangkan oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lima Puluh Kota untuk Layanan publik berbasis digital. Secara umum, layanan yang dikelola oleh aplikasi SAPA LIMA PULUH KOTA diantaranya seperti layanan kesekretariatan, penyelanggaraan haji dan umrah, pendidikan agama, pendidkan madrasah, pondok pesantren, penyelenggaraan zakat wakaf dan bimbingan masyarakat islam.
whatsapp-chat Klik LAPOR untuk
melaporkan masalah,
isu dan keluhan
Pelayanan Publik
whatsapp-chat cari layanan kami di sippn.menpan.go.id
Sistem Informasi Pelayanan Publik Nasional
(SIPPN) Kementerian PAN-RB RI
gambar

Bina Warga LPKA, Pokjaluh 50 Kota Sukseskan Program Unggulan Kemenag

Berita

Bina Warga LPKA, Pokjaluh 50 Kota Sukseskan Program Unggulan Kemenag

Lima Puluh Kota, Humas -- Kegiatan rutin mingguan Kelompok Kerja Penyuluh (Pokjaluh) Kabupaten Lima Puluh Kota di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Tanjung Pati, masih terus berlangsung. Hari ini, Rabu (1/2) Dihadiri seluruh penyuluh Agama Islam Fungsional, kegiatan disambut semangat oleh warga binaan.

Hadir sebagai pentausiah, Penyuluh Agama Islam Fungsional KUA Kecamatan Luak, Doni Rahmat. Di hadapan lebih kurang 50 warga binaan, memberikan motivasi kajian keislaman. Mengambil tema Kiat Menahan Amarah, materi ini sukses menarik minat warga binaan. Doni bersama penyuluh lainnya sukses memberikan pembinaan kepada warga binaan LPKA Tanjung Pati.

Berpijak kepada hadis yang diriwayatkan oleh Ath-Thabrani, Doni menjelaskan bahwa menahan amarah adalah salah satu alasan seseorang bisa masuk ke surganya Allah. Pemahaman hadis jelas, bahwa menahan amarah adalah sebuah sikap yang sangat terpuji dan menjaga manusia dari siksa api neraka.

“Dapat kita pahami, hadis ini melarang manusia untuk marah. “Laa Taghdhab walakal jannah”, janganlah kamu marah, maka kamu akan masuk surga, artinya larangan ini jelas akan mendatangkan mudarat bagi seseorang bila ia tidak bisa menahan amarahnya,” urai Doni.

Lebih lanjut Doni mengatakan, bahwa Allah memberikan balasan bagi seseorang yang mampu menahan amarahnya, yaitu surga. Tiada tujuan lain seseorang hidup di dunia selain mengharapakan balasan surga dari Sang Maha Pemberi Rahmat.

Usai kegiatan tausiah, H. Nur Akmal, Ketua Pokjaluh hadir memberikan motivasi dan semangat bagi warga binaan. Nur Akmal mengingkatkan kepada seluruh warga binaan bahwa saat ini sudah masuk pada Bulan Rajab. Bulan Ramadan segera menjelang, maka Nur Akmal mengajak warga binaan untuk sama-sama melafazkan doa memasuki Bulan Rajab, dan mempersiapkan diri memasuki Bulan Ramadan

Menutup kegiatan pembinaan, Pokjaluh memberikan pembinaan dalam bentuk kegiatan Tahsin dan Tahfizul Quran. Pada sesi ini, warga binaan dibagi menjadi 5 kelompok, masing-masing kelompok dibimbing oleh seorang penyuluh.

Tahfizul Quran adalah program yang selalu digaungkan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lima Puluh Kota, H. Irwan, pada setiap pertemuan. Program Tahfizul Quran menjadi salah satu program unggulan Kementerian Agama pada lembaga pembinaan dan pemasyarakatan yang ada di Kabupaten Lima Puluh Kota. Irwan berharap, warga binaan yang nantinya keluar dari lembaga pembinaan tidak dipandang sebelah mata oleh masyarakat.

“Kita menginginkan, warga binaan yang sudah bebas mereka memiliki pondasi ilmu agama yang kuat, sehingga ketika hadir kembali di tengah-tengah masyarakat, mereka tidak dipandang sebelah mata. Mereka akan dipandang sebagai warga yang baik. Inilah salah satu bukti keberhasilan pembinaan negara kepada  masyarakat,” ungkap kepala kantor pada satu kesempatan.

Usai pembinaan, Kelompok Kerja Penyuluh, merumuskan Program Unggulan Pokjaluh Tahun 2023 bersama Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sumatra Barat, Haris Subianto, Kepala LPKA Tanjung Pati, Kepala Lembaga Pemasyarakat Payakumbuh, dan Kepala Lembaga Pemasyarakat Suliki. (AF/editor:Nina)

Dipublikasikan oleh : Harnina
Tanggal : 08-02-2023
Sudah dibaca : 108 kali

Berita lainnya

Apa kata mereka tentang Kemenag Lima Puluh Kota

Testimoni