BERITA & INFORMASI Kemenag Lima Puluh Kota

SAPA LIMA PULUH KOTA

Transformasi digital menuju pelayanan publik yang lebih baik
whatsapp-chat
SAPA LIMA PULUH KOTA adalah Sistem Administrasi Pelayanan Agama Kabupaten Lima Puluh Kota merupakan Aplikasi berbasis android, ios dan windows yang dikembangkan oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lima Puluh Kota untuk Layanan publik berbasis digital. Secara umum, layanan yang dikelola oleh aplikasi SAPA LIMA PULUH KOTA diantaranya seperti layanan kesekretariatan, penyelanggaraan haji dan umrah, pendidikan agama, pendidkan madrasah, pondok pesantren, penyelenggaraan zakat wakaf dan bimbingan masyarakat islam.
whatsapp-chat Klik LAPOR untuk
melaporkan masalah,
isu dan keluhan
Pelayanan Publik
whatsapp-chat cari layanan kami di sippn.menpan.go.id
Sistem Informasi Pelayanan Publik Nasional
(SIPPN) Kementerian PAN-RB RI
gambar

Lima Tips Mewujudkan Keluarga Bahagia Dan Langgeng 

Berita

Lima Tips Mewujudkan Keluarga Bahagia Dan Langgeng 

Lima Puluh Kota, Humas - Kolaborasi kementerian Agama Kabupaten Limapuluh Kota dengan Radio Safasindo 98,2 FM dalam Program Samara Bina Keluarga Sakinah kembali mengudara, Selasa (26/9). dipandu Kak Dewi, pemateri yang hadir kali ini berasal dari Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Akabiluru, Bujang.M. 

Mengambil tema “Tips Mewujudkan Rumah Tangga Bahagia Dan Langgeng”, pemateri menguraikan tips demi tips dengan jelas. Dipandu Kak Dewi, penyampaikan materi hingga diskusi menjadi menarik dan memancing pertanyaan yang beragam. 

Tips pertama yang disampaikan pemateri adalah, suami istri harus hidup sederhana dan hemat. Bahagia dalam rumah tangga tidak harus dengan kemewahan. Hidup sederhana dan hemat akan melahirkan kebahagiaan jika masing-masing pasangan berkomitmen untuk itu.

“Harta melimpah tidak menjamin sebuah keluarga akan hidup bahagia. Bahagia bisa tercipta dalam kesederhanaan dan hemat. Hemat bukan berarti pelit, namun melengkapi kebutuhan hidup sesuai dengan kebutuhan, bukan sesuai keperluan,” jelas pemateri.

Tips yang ke dua adalah suami istri harus saling bercinta, baik secara fisik maupun non fisik. Fisik dan non fisik yang dilengkapi dengan rasa cinta akan melahirkan keharmonisan dalam rumah tangga. Keluarga yang harmonis, akan mencapai kebahagiaan dan kelanggenggan. Sehingga hanya maut yang akan memisahkan.

Suami istri harus sering mengungkapkan "terima kasih" dan ungkapan "kita" adalah tips selanjutnya yang disampaikan oleh Penghulu KUA Kecamatan Akabiluru ini. Ucapan terima kasih adalah ucapan yang akan membuat bangga suami kepada istri, dan sebalik. Ucapan terima kasih merupakan apresiasi kepada pasangan, yang menjadi bumbu kelanggengan hubungan. Kata “Kita” juga menjadi pertanda bahwa suami istri itu adalah satu kesatuan. Mereka kuat dengan kata “Kita”, bukan dengan kata “Aku” dan “Kamu”, yang lebih menonjolkan keegoan.

“Suami istri jangan mudah menyerah menghadapi permasalahan. Inilah tips ke empat yang harus dipahami oleh suami istri. Permasalah dalam keluarga adalah cobaan keimanan yang Allah kasih. Tidak ada keluarga yang baik-baik saja. Sejatinya permasalahan yang terjadi membuat keluarga lebih matang dan dewasa, dan lebih mendekatkan diri kepada Allah,” lanjut pria ramah ini.

Dalam uraian yang disampaikan pemateri, tips terakhir mencapai keluarga bahagia dan langgeng adalah, suami istri harus bekerja keras dalam mewujudkan ekonomi keluarga. Tujuannya adalah agar keluarga lebih sejahtera. Pemateri menyebut, ekonomi yang cukup akan dapat memenuhi kebutuhan keluarga. Di samping itu, mencari materi atau rezki juga merupakan perintah Allah kepada suami.

“Kita berharap, semoga tips yang disampaikan ini bermanfaat bagi kita bersama, termasuk bagi yang menyampaikan. Memang tidak mudah mencapai keluarga yang bahagia dan langgeng. Namun selama kita bersama pasangan berkomitmen untuk itu, Allah akan permudah jalannya,” tutup Bujang.M.(nina)

Dipublikasikan oleh : Harnina
Tanggal : 26-09-2023
Sudah dibaca : 145 kali

Berita lainnya

Apa kata mereka tentang Kemenag Lima Puluh Kota

Testimoni