BERITA & INFORMASI Kemenag Lima Puluh Kota

SAPA LIMA PULUH KOTA

Transformasi digital menuju pelayanan publik yang lebih baik
whatsapp-chat
SAPA LIMA PULUH KOTA adalah Sistem Administrasi Pelayanan Agama Kabupaten Lima Puluh Kota merupakan Aplikasi berbasis android, ios dan windows yang dikembangkan oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lima Puluh Kota untuk Layanan publik berbasis digital. Secara umum, layanan yang dikelola oleh aplikasi SAPA LIMA PULUH KOTA diantaranya seperti layanan kesekretariatan, penyelanggaraan haji dan umrah, pendidikan agama, pendidkan madrasah, pondok pesantren, penyelenggaraan zakat wakaf dan bimbingan masyarakat islam.
whatsapp-chat Klik LAPOR untuk
melaporkan masalah,
isu dan keluhan
Pelayanan Publik
whatsapp-chat cari layanan kami di sippn.menpan.go.id
Sistem Informasi Pelayanan Publik Nasional
(SIPPN) Kementerian PAN-RB RI
gambar

Myres 2023 Tingkat Nasional, Tim MTsN 3 50 Kota Melaju Ke Babak Grand Final

Berita

Myres 2023 Tingkat Nasional, Tim MTsN 3 50 Kota Melaju Ke Babak Grand Final

Lima Puluh Kota, Humas -   Melewati tahap demi tahap kompetisi, akhirnya Tim Madrasah Young Researchers Super Camp (MYRES) dari MTsN 3 Lima Puluh Kota melaju ke babak Grand Final Tingkat Nasional Tahun 2023. Tim yang digawangi Nabila Dwi Helani dan Rosa Hamka, lolos ke Grand Final di bawah asuhan tiga orang pembimbing, Rita Aswati, Detra WIranda, dan Yulius Rahmat.

Sebelumnya, dua proposal dari MTsN 3 Lima Puluh Kota ini lolos dalam tahap I, bidang penelitian Ilmu Sosial dan Kemanusiaan yang ditulis Nabila Dwi Helani dan Rosa Hamka. Mereka mengambil judul proposal yaitu Dampak Series Boy Love dan Girl Love : Tontonan yang berdampak Terhadap Remaja yang Mengarah ke LGBT. Proposal ke dua mengambil bidang Ilmu Keagamaan Islam ditulis oleh Tsanaya Fawny Afrah dan Bening Afrah dengan pembimbing Detra Wiranda dan Julio Indra Fizon, dengan  judul proposal Eksistensi Gerakan Pelangi : Studi Kasus Kajian Perspektif Penganut Lesbi Terhadap Hukum Kajian Islam di Kota Payakumbuh. Namun tim ini harus rela sampai tahap pertama saja.

Proposal goresan Nabila Dwi Helani dan Rosa Hamka lolos menuju tahap II. Pembimbing Detra mengungkapkan, dalam tahap penelitian yang dilakukan, mereka membutuhkan persiapan yang luar biasa untuk maju ke tahap presentasi hasil penelitian, terutama narasumber yang akan diwawancarai yang berasal dari remaja terduga  terdampak LGBT.

“Dalam proses wawancara yang kita lakukan ini memang agak sulit, terutama kepada orang-orang yang terduga terdampak LGBT. Mereka pada umumnya tertutup dan tidak mau dipublikasikan. Namun dengan komitmen dan berbagai konsekwensi, kita bisa mendapatkan informasi dari mereka,” jelas Detra.

Diungkapkan Detra yang didampingi pembimbing yang lain, narasumber lainnya yang diwawancarai adalah Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lima Puluh Kota, anggota DPRD kabupaten dan provinsi. Sisi lain yang dirasakan perjuangannya adalah, tim juga harus berlatih berbicara dengan baik dan benar. Mereka harus kompak dan menguasai materi.

“Alhamdulillah Nabila dan Rosa berhasil tampil dengan baik di depan dewan juri pada presentasi yang dilaksanakan tanggal 18 Agustus 2023 yang lalu secara online. Dari hasil presentasi ini, mereka ditetapkan sebagai tim yang berhak melaju ke Babak Grand Final yang akan dilaksanakan pada 3 hingga 7 September 2023 mendatang di Kendari, Sulawesi Tenggara.

Kompetisi Myres merupakan lomba Karya Tulis Ilmiah siswa madrasah berbasis riset bagi siswa MTs dan MA yang digelar Dirjen KSKK dan Dirjen Pendis Kementerian Agama Republik Indonesia setiap tahun. Adapun bidang lomba yang menjadi fokus penelitian dikelompokkan menjadi tiga bidang, yaitu bidang Ilmu Keagamaan Islam (Religious Studies), bidang Ilmu Sosial dan Kemanusiaan (Social and humaniora), dan bidang Sains, Matematika dan Pengembangan Teknologi (Science, Math, and Technological Development).

Kepala MTsN 3 Lima Puluh Kota, H. Mazhar, mengapresiasi prestasi yang telah diraih peserta didik dan pembimbing dalam ajang Myres ini. Mazhar menyebut semenjak tahun 2021 dan 2022, peserta didiknya selalu lolos sampai tahap presentasi hasil penelitian. Luar biasanya pada tahun 2023 ini, tim MTsN 3 Lima Puluh Kota berhasil melenggang ke Babak Grand Final. Ucapan terima kasih juga disampaikan Mazhar atas dukungan dan partisipasi semua pihak terhadap Tim Myres MTsN 3 Lima Puluh Kota.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lima Puluh Kota, H. Irwan, saat dikonfirmasi, menyatakan bangga dengan pencapaian Tim Myres MTsN 3 Lima Puluh Kota. Kepala kantor menyatakan dukungan dan menyampaikan doa terbaik semoga tim ini sukses dan meraih hasil terbaik di tingkat nasional, sehingga mampu mengharumkan nama madrasah, Kabupaten Lima Puluh Kota, dan Sumatra Barat tentunya.(YEP/Nina)

Dipublikasikan oleh : Harnina
Tanggal : 25-08-2023
Sudah dibaca : 205 kali

Berita lainnya

Apa kata mereka tentang Kemenag Lima Puluh Kota

Testimoni