BERITA & INFORMASI Kemenag Lima Puluh Kota

SAPA LIMA PULUH KOTA

Transformasi digital menuju pelayanan publik yang lebih baik
whatsapp-chat
SAPA LIMA PULUH KOTA adalah Sistem Administrasi Pelayanan Agama Kabupaten Lima Puluh Kota merupakan Aplikasi berbasis android, ios dan windows yang dikembangkan oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lima Puluh Kota untuk Layanan publik berbasis digital. Secara umum, layanan yang dikelola oleh aplikasi SAPA LIMA PULUH KOTA diantaranya seperti layanan kesekretariatan, penyelanggaraan haji dan umrah, pendidikan agama, pendidkan madrasah, pondok pesantren, penyelenggaraan zakat wakaf dan bimbingan masyarakat islam.
whatsapp-chat Klik LAPOR untuk
melaporkan masalah,
isu dan keluhan
Pelayanan Publik
whatsapp-chat cari layanan kami di sippn.menpan.go.id
Sistem Informasi Pelayanan Publik Nasional
(SIPPN) Kementerian PAN-RB RI
gambar

Penguatan Program Tahfidz Quran : Membangung Legacy Peradaban

Berita

Penguatan Program Tahfidz Quran : Membangung Legacy Peradaban

Sarilamak, Humas--Pemerintah Dearah Lima Puluh Kota telah mencangan Tahfidz Quran sebagai program unggulan yang menjadi prioritas pembangunan Sumber Daya Manusia yang berkualitas sesuai dengan visi pembangunan Daerah. Bertempat di Hotel Pusako Bukittinggi (30/11) Pemerintah Daerah melaksanakan pelatihan guru SD/SLTP untuk penguatan program Tahfidz Quran disatuan pendidikan dasar. Kegiatan strategis tersebut diikuti oleh 145 orang guru Pendidikan Agama Islam SD dan 100 orang Guru Pendidikan Agama Islam SLTP se-Kabupaten Lima Puluh Kota.
H.Irwan Kakan Kemenag Lima Puluh dalam sambutannya dihadapan Bupati Lima Puluh Kota menyampaikan,”Atas nama pribadi dan pimpinan lembaga saya sampaikan apresiasi sekaligus ucapan terima kasih kepada Pemerintah Daerah yang telah menyelenggarakan kegiatan monumental ini, sejarah akan mencatat bahwa Pemerintah Daerah bersama dengan Kementerian Agama telah meletakan pondasi yang kukuh dalam mewujudkan Lima Puluh Kota sebagai gudangnya para penghafal Al-Quran, “tegas alumni UIN Imam Bonjol ini.
Ditegaskan pula, “Pemerintah Daerah dan Kementerian Agama  memiliki komitmen yang kuat dan jelas untuk memastikan penguatan program Tahfidz Quran dapat berjalan sesuai dengan target yang telah ditetapkan, target kita jelas bahwa seluruh peserta didik di satuan pendidikan dasar setidaknya memiliki hafalan 1 juz (juz 30) di saat menamatkan pendidikan dasarnya. Target tersebut akan menjadi legacy peradaban di masa yang akan datang,  dimana kita semua dapat memastikan seluruh generasi muda Lima Puluh Kota memiliki kompensi hafalan Al-Quran yang terukur.”terang H.Irwan 
Oleh sebab itu, “Saya berharap kepada seluruh stakeholder yang terlibat terkhusus untuk guru Pendidikan Agama Islam untuk tampil di garda terdepan, sekaligus menjadi lokomotif utama dalam menghela suksesnya program Tahfidz Quran ini. Pelatihan hari ini diharapkan akan meningkatkan kompetensi para guru dalam mengelola program Tahfidz Quran di sauna pendidikan masing-masing.”Simpul Kakan Kemenag.
Sementara H.Safaruddin Bupati Lima Puluh Kota dalam arahannya menyampaikan Pemerintah Daerah telah menetapkan visi pembangunan daerah  “Mewujudkan Lima Puluh Kota yang Madani, Beradat dan Berbudaya dalam kerangka Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah. Dengan misi pertama meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang berbudaya dan berdaya saing berlandaskan keimanan. Oleh sebab itu peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia yang berdaya saing, berbudaya dan beriman merupakan salah satu fokus utama pembangunan daerah.
Terkait dengan program unggulan  Tahfidz Quran Bupati menjelaskan, “Pemerintah Daerah bersama dengan Kementerian Agama telah melakukan dan merancang berbagai kebijakan daerah serta program pendukung untuk suksesnya program Tahfidz Quran di daerah yang kita cintai ini. “Dua tahun terakhir kita telah mencanangkan satu nagari satu rumah tahfidz, Pemerintah darah juga telah mengelurkan Peraturan Bupati Nomor 33 tahun 2022 sebagai payung hukum program Tahfidz Quran serta berbagai kebijakan dan kegiatan lainnya seperti pelatihan yang dilaksanakan hari ini.”terang Bupati
Lebih lanjut dijelaskan, “Seluruh energi terbaik yang telah kita wakafkan untuk suksesnya program Tahfidz Quran ini akan menjadi investasi terbaik dalam menyiapkan generasi penerus di tengah-tengah perubahan zaman yang begitu cepat, kemajuan teknologi yang membawa berbagai perubahan perilaku sosial masyarakat merupakan keniscayaan dalam arus perubahan, tugas kita hari ini adalah menyiapkan generasi yang, beriman, berilmu serta berakhlak Qurani, salah satunya melalui program Tahfidz Quran,”pungkas Bupati.-APP-

Dipublikasikan oleh : Alfhia Parma
Tanggal : 01-12-2023
Sudah dibaca : 172 kali

Berita lainnya

Apa kata mereka tentang Kemenag Lima Puluh Kota

Testimoni