BERITA & INFORMASI Kemenag Lima Puluh Kota

SAPA LIMA PULUH KOTA

Transformasi digital menuju pelayanan publik yang lebih baik
whatsapp-chat
SAPA LIMA PULUH KOTA adalah Sistem Administrasi Pelayanan Agama Kabupaten Lima Puluh Kota merupakan Aplikasi berbasis android, ios dan windows yang dikembangkan oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lima Puluh Kota untuk Layanan publik berbasis digital. Secara umum, layanan yang dikelola oleh aplikasi SAPA LIMA PULUH KOTA diantaranya seperti layanan kesekretariatan, penyelanggaraan haji dan umrah, pendidikan agama, pendidkan madrasah, pondok pesantren, penyelenggaraan zakat wakaf dan bimbingan masyarakat islam.
whatsapp-chat Klik LAPOR untuk
melaporkan masalah,
isu dan keluhan
Pelayanan Publik
whatsapp-chat cari layanan kami di sippn.menpan.go.id
Sistem Informasi Pelayanan Publik Nasional
(SIPPN) Kementerian PAN-RB RI
gambar

Sahur Berjemaah, Program inovasi KUA Kecamatan Mungka

Berita

Sahur Berjemaah, Program inovasi KUA Kecamatan Mungka

Limapuluh Kota, Humas - Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Mungka kembali melanjutkan program Subuh Berjemaah Keliling dari masjid ke masjid yang ada di Kecamatan Mungka. Namun selama bulan suci Ramadan, program ini meningkat melahirkan inovasi baru dengan Sahur Berjemaah. Program inovasi ini lahir kolaborasi antara Kepala KUA, Junaidi. K, bersama Penghulu, PAIF, pelaksana, P3K, Penyuluh Agama Non PNS, Pramubakti, serta istri dan suami dari ASN KUA Kecamatan mungka.


Program Subuh Berjemaah Keliling sudah dimulai semenjak tahun 2021, namun tahun ini ditambah dengan sahur berjamaah. Program ini disambuat dengan antusias oleh masyarakat. Hal ini terlihat dari ramainya masjid yang dikunjungi. Kegiatan perdana dilaksanakan pada Minggu (24/3). 


“Alhamdulillah program ini mendapat support yang luar biasa dari masyakarat. Sahur Berjemaah baru tahun ini kita laksanakan, sementara Subuh Berjemaah sudah dari tahun 2021. kegiatan perdana kita laksanakan di Masjid Darussalam, jorong Talang, Nagari Talang Maur. 


Junaidi menjelaskan, awalnya dia sedikit ragu untuk melaksanakan program ini, takut merepotkan dan mengganggu masyarakat. Usai dimusyawarahkan, Alhamdulillah dukungan masyarat sangat bagus. Bahkan santapan sahur juga masyarakat yang menyediakan dengan suka rela. Usai Sahur Berjemaah, kegiatan dilanjutkan dengan Subuh Berjemaah dan Kuliah Tujuh Menit (Kultum) yang disampaikan oleh Penyuluh Agama Islam.


“Pada kesempatan tersebut kita juga menyampaikan program kerja KUA dan juga program kerja Kementerian Agama secara umum. Kita juga menyerahkan santunan kepada 7 anak yatim, masing-masing mendapat 300 ribu rupiah. Kita juga menyerahkan bingkisan berupa Alqur'an 10 buah, mukena, dan sarung untuk jema'ah mesjid,” jelas Junaidi. 


Junaidi berharap, program ini semoga bisa dilaksanakan dari tahun ke tahun dan menjadi program yang dapat memberikan manfaat bagi masyarakat banyak dan menjalin ikhwah yang erat. Sementara untuk program Subuh Berjemaah Keliling, Junaidi menegaskan akan menjadi program berkelanjutan.(Nina)

Dipublikasikan oleh : Harnina
Tanggal : 26-03-2024
Sudah dibaca : 57 kali

Berita lainnya

Apa kata mereka tentang Kemenag Lima Puluh Kota

Testimoni