BERITA & INFORMASI Kemenag Lima Puluh Kota

SAPA LIMA PULUH KOTA

Transformasi digital menuju pelayanan publik yang lebih baik
whatsapp-chat
SAPA LIMA PULUH KOTA adalah Sistem Administrasi Pelayanan Agama Kabupaten Lima Puluh Kota merupakan Aplikasi berbasis android, ios dan windows yang dikembangkan oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lima Puluh Kota untuk Layanan publik berbasis digital. Secara umum, layanan yang dikelola oleh aplikasi SAPA LIMA PULUH KOTA diantaranya seperti layanan kesekretariatan, penyelanggaraan haji dan umrah, pendidikan agama, pendidkan madrasah, pondok pesantren, penyelenggaraan zakat wakaf dan bimbingan masyarakat islam.
whatsapp-chat Klik LAPOR untuk
melaporkan masalah,
isu dan keluhan
Pelayanan Publik
whatsapp-chat cari layanan kami di sippn.menpan.go.id
Sistem Informasi Pelayanan Publik Nasional
(SIPPN) Kementerian PAN-RB RI
gambar

Siswa MAN 50 Kota Lolos Seleksi Jalur Tahfiz Di UIN Mahmud Yunus Batusangkar

Berita

Siswa MAN 50 Kota Lolos Seleksi Jalur Tahfiz Di UIN Mahmud Yunus Batusangkar

Lima Puluh Kota, Humas -- MAN Lima Puluh Kota kembali menambah deretan nama siswanya yang lolos pada Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) di Indonesia. Rifqi Afif Wakarim, peserta didik MAN Lima Puluh Kota Kelas XII IPK, satu dari 26 peserta didik lainnya dari berbagai madrasah, melenggang ke UIN Mahmud Yunus Batu Sangkar sebagai mahasiswa baru jalur Tahfiz.

Kabar bahagia ini diterima Kepala MAN Lima Puluh Kota berdasarkan Surat Pengumuman Rektor UIN Mahmud Yunus Batu Sangkar, Prof. Dr. Marjoni Imamora, M.Sc., nomor :B-/In.27/R/PP.04/05/2022 Tentang Beasiswa Tahfiz Al-Quran jalur SPAN-PTKIN UIN Mahmud Yunus Batu Sangkar Tahun 2022 .

Intan Marajo, Kepala MAN Lima Puluh Kota merasa bangga dengan torehan prestasi yang diraih Rifqi. Intan berharap semoga dengan diterimanya Rifqi lewat jalur Tahfiz pada PTKIN ini menjadi motivasi bagi peserta didik lainnya. “Selamat kepada Rifqi semoga sukses kuliahnya dan dapat melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi sesuai cita-citanya,” ungkap Intan.

“Tak lupa kami mengucapkan terima kasih kepada guru dan orangtua yang telah memotivasi ananda dalam menghafal Alquran. Sinerjitas madarasah dan orang tua selalu kami harapkan untuk pnegembangan potensi peserta didik sebagai salah satu upaya mewujudkan cita-cita mereka,” tutup Intan.

Nelfia Nofitri, Wakil Kepala Bidang Kurikulum MAN Lima Puluh Kota, saat dikonfrimasi menyebutkan bahwa kegiatan Tahfizul Quran ini merupakan kearifan lokal yang diangkat oleh madrasah untuk menumbuhkembangkan kecintaan peserta didik terhadap Alquran dan mendidik mereka untuk menghafal dan memahami Alquran.

“Kita memberlakukan ketentuan lulus tidaknya seorang peserta didik atas hafalannya. Pengujian hafalan dilakukan oleh guru yang kompeten di bidangnya. Ini sudah menjadi kesepakatan seluruh komponen madrash. Selamat kepada Rifqi yang telah menyelesaikan hafalannya sebanyak 3 Juz. Kita terus memotivasi Rifqi untuk menambah hafalannya” ungkap Nofitri.

Pembimbing Tahfiz MAN Lima Puluh Kota, Nurazizah, yang mendampingi Waka Kurikulum, menyebut bahwa Rifqi adalah siswa yang sangat tekun menghafal AlQuran. Ia bersama rekannya selalu memuroja’ah hafalannya. Melihat hafalan Rifqi yang bagus ini Azizah merekomendasikan Rifqi untuk masuk jalur Tahfiz SPAN-PTKIN 2022 dan Alhamdulillah lolos dan  membawa berkah untuk peserta didik dan membawa keberkahan buat MAN Lima Puluh Kota.

Rifqi yang dinyatakan lulus bersama peserta didik lainnya sebanyak 26 dari madrasah lain, merasa senang diterima di UIN Mahmud Yunus Batusangkar pada jurusan Ilmu Alquran dan Tafsir. Pengagum beberapa Ustaz kondang seperti Abdul Somad, Adi Hidayat dan Syafiq Riza Basalamah ini bercita cita menjadi Dai dan ingin melanjutkan studi ke Universitas Islam  Madinah .

Rifqi merupakan putra Talang Maur Kecamatan Mungka Kabupaten Lima Puluh Kota merupakan anak ke dua dari tiga bersaudara pasangan Agusmen dan Yayang Nilasari, sangat ingin membahagiakan kedua orang tuanya dan menjadi contoh tauladan bagi saudaranya.

Dihubungi diruang kerjanya, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lima Puluh Kota, H. Irwan, saat dikonfrimasi mengucapkan selamat kepada Rifqi. Irwan juga mengucapkan selamat kepada MAN Lima Puluh Kota atas deretan prestasi yang telah dicapai oleh peserta didiknya. Irwan menyebut, kepala madrasah harus punya inovasi dan kreatifitas dalam upaya peningkatan kompetensi peserta didiknya.

“Dalam setiap kesempatan kita selalu menghimbau kepada kepala madrasah untuk terus melakukan inovasi. Kita sudah menargetkan masing-masing madrash harus punya program unggulan untuk mendukung peningkatan kualitas madrasah dan kuantitas peserta didik. Sekarang kita jangan lagi berprinsip biar sedikit peserta didik asalkan berkualitas, tapi madrasah harus berpacu bagaimana meningkatkan kualitas madrasah sehingga kuantitas peserta didik juga meningkat. Banyaknya peserta didik dan berkualitasnya madrasah, tentu otomatis akan membangun citra baik madrasah itu sendiri,” jelas Irwan.

Irwan menambahkan, Program unggulan yang digaungkannya  melalui madrasah, sekarang dalam tahap poses ke arah sana. Irwan menegaskan program ini akan ditagih dan akan dilakukan visitasi dan dievaluasi secara bertahap. (Saiyidati/Editor:Nina)

Dipublikasikan oleh : Harnina
Tanggal : 17-06-2022
Sudah dibaca : 193 kali

Berita lainnya

Apa kata mereka tentang Kemenag Lima Puluh Kota

Testimoni